Bentuk Pelanggaran Foul Dalam Permainan Bola Basket

Bentuk Pelanggaran Foul Dalam Permainan Bola Basket

Salah satu olahraga yang sering diminati oleh sebagian generasi milenial belakangan ini adalah basket. Basket merupakan olahraga yang mengutamakan skill membawa bola dengan tangan. Olahraga ini sudah sangat familiar dan terkenal hingga ke seluruh mancanegara. Olahraga yang berasal dari Negara Amerika ini dilakukan oleh dua tim yang terdiri dari lima orang pemain. Olahraga ini dilakukan dengan cara mendribble dan memasukkannya ke dalam sebuah ring.

Dalam basket ini terdapat aturan permainan yang sudah wajib dan harus dipatuhi oleh semua pihak, semua itu ditujukan untuk mencegah terjadinya pelanggaran dalam permainan bola basket. Maka, para pemain sebaiknya mengetahui hal ini agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan di dalam pertandingan. Sebab itu, Inilah ulasan singkat untuk anda lebih mengenal dan memahami jenis pelanggaran bola basket yang ada.

Kriteria Tindak Pelanggaran Bola Basket Yang Tergolong Ringan

  1. Pemain yang menggunakan kedua tangan secara bersamaan saat men-dribble bola.
  2. Pemain yang melakukan dribble dengan posisi bola saat drible lebih dari ketinggian pada telinga.
  3. Pemain yang melakukan penyerangan melebihi batas maksimal yang sudah ditetapkan, yakni selama 24 detik.
  4. Pemain yang melakukan lebih dari 3 kali travelling saat memegang bola.
  5. Pemain dengan posisi berada di area ring tim lawan selama lebih dari 3 detik.
  6. Pemain yang secara sengaja membuat bola basket terjatuh dan menyentuh kaki diri sendiri.
  7. Pemain yang berada pada area sendiri saat dalam posisi menyerang selama lebih dari waktu yang ditetapkan, yakni 8 detik.

Kriteria Tindak Pelanggaran Bola Basket Yang Tergolong Berat

  • Pemain yang dengan sengaja mendorong pemain lain dari tim lawan.
  • Pemain yang melakukan tindakan memeluk pemain lawan demi berusaha menghalangi lawan yang sedang memegang dan menguasai bola.
  • Pemain yang melakukan tindakan menahan tangan pemain lawan yang hendak mencetak poin.
  • Kesengajaan dengan menutupi pandangan atau mata pemain lawan yang akan mencetak poin.
  • Melakukan tindakan dengan menghalangi pemain lawan yang hendak akan melakukan lay up dengan tidak adanya awalan untuk melakukan hands up.

Ketentuan peraturan pada pelanggaran yang tergolong berat dan ringan dalam permainan basket kembali dibagi lagi menjadi beberapa istilah, antara lain pelanggaran secara teknis, personal, maupun secara tim. Lebih jelasnya, mungkin beberapa penjelasan berikut akan memandu anda dalam permainan bola basket yang fokus pelanggarannya adalah Foul :

  1. Foul – Jenis pelanggaran yang satu ini , dalam permainan bola basket disebut juga “pelanggaran”. Dalam kategori ini, disebut foul saat salah satu pemain yang salah melakukan defense. Jika terjadi foul, maka wasit akan segera memberikan peringatan langsung kepada pemain.
  2. Personal Foul – Jenis pelanggaran ini melibatkan tindakan yang dilakukan oleh perorangan tanpa melibatkan rekan setim grup. Personal foul mewajibkan setiap pemain hanya akan diberikan maksimal pelanggaran sebanyak 5 kali dalam satu pertandingan bola basket. Jika yang dilakukan lebih, maka akan dikenakan foul out.
  3. Team Foul – Jenis pelanggaran ini melibatkan tindakan yang dilakukan oleh rekan setim grup dalam satu babak permainan. Dalam satu babak, team foul hanya diperbolehkan maksimal terjadi 5 kali. Jika lebih maka akan diberlakukan free throw atau hadiah tembakan pinalti yang diberikan untuk tim lawan lainnya.