Komposisi Makanan Yang Mendukung Olahraga Basket

Komposisi Makanan Yang Mendukung Olahraga Basket

Keinginan yang kuat untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi seorang atlet bola basket pada dasarnya adalah sama seperti orang biasa pada umumnya, yang dimulai dari karbohidrat, vitamin, lemak, protein, mineral, air, hingga serat pada makanannya. Yang terpenting, asupan tersebut harus tetap seimbang. Faktor makanan dapat dikatakan

Gizinya seimbang waktu mengandung kadar jumlah kalori dengan komposisi proporsinya 60-70%, protein 20-25 %, karbohidrat 10-15 % lemak, dan vitamin, mineral dan air yang cukup.

Perbedaannya, menu makan seorang pemain profesional atau atlet harus mempunyai kriteria jadwal makan yang komposisinya cukup ketat sedemikian rupa setiap saat, meliputi sebelum, selama, dan sesudah pertandingan basket berlangsung. Hal ini berkaitan karena seorang pemain basket yang handal harus selalu diperhatikan kondisi fisiknya

Dan jiwanya agar selalu tampil dengan performa dan kualitas yang prima pada setiap pertandingan. Menu makanan yang bergizi sangat memegang peranan yang penting dalam mempertahankan serta meningkatkan kondisi gizi dan fisik pemain basket sebelum dan selama bertanding.

Kebutuhan akan makanan dengan asupan kalori atlet bola basket harus cukup tinggi. Kebutuhan gizi untuk setiapĀ  pemain basket akan dikategorikan sangat bervariasi sesuai dengan umur, status gizi, serta jenjang waktu pelatihan atau pertandingannya. Dengan semakin besar dan tinggi badannya pastinya juga akan semakin besar kebutuhan

Kalorinya. Kalau anda bermain sebagai pemain tim inti yang secara profesional dan berlatih setiap harinya lebih dari 1 jam 30 menit, maka anda yang harus anda lakukan adalah sebaik mungkin dibutuhkan asupan 23 kalori per 0,5 kilogram berat badan anda.

Terkait kebutuhan akan kecukupan nutrisi tentu bukan hanya membicarakan soal makanan. seorang pemain basket tentu juga harus mengikuti asupan cairannya. Selama anda bertanding dan setelahnya selalu utamakan untuk meminum air putih yang cukup, jus buah, atau minuman olahraga yang diperkaya dengan serat dan zat elektrolit

Didalamnya yang berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang keluar melalui keringat yang berguna untuk mencegah dehidrasi di lapangan.

Ada juga peraturan makanan yang wajib dimiliki yakni harus mengandung energi yang cukup terutama berkarbohidrat yang tinggi dalam menggantikan cadangan glikogen yang sudah habis digunakan selama tubuh mengalami latihan dan pertandingan, yang berperan penting dalam percepatan proses pemulihan nantinya.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang wajib ada dalam menu makanan bergizi dan sehat seorang atlet :

1. Ikan Salmon

Umumnya, seluruh jenis ikan salmon mempunyai kandungan Omega 3 yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada ikan di air tawar biasa. Dalam habitatnya, ikan salmon liar mempunyai surplus vitamin B12 dan B6 yang sangat melimpah. Oleh karena itu, jenis ikan salmon yang didapatkan secara liar akan mempunyai kualitas yang jauh lebih baik daripada ikan salmon dari penangkaran atau yang dipelihara.

2. Susu

Jenis asupan yang satu ini wajib hukumnya untuk dikonsumsi para atlet. Susu yang mempunyai kadar rendah lemak dan tinggi protein, akan membuat kepadatan tulang serta massa otot yang jauh lebih baik.

3. Oatmeal

Oatmeal atau sereal gandum biasanya adalah makanan yang bisa membuat tubuh memenuhi cadangan karbohidrat yang baik. Faktanya, kualitas karbohidrat pada oatmeal malah jauh lebih baik daripada karbohidrat yang ada pada beras ataupun jagung.

Baca juga : Pengaruh Faktor Makanan Pada Olahraga Sepakbola